Efek dari lelah, kurang tidur, dan terlalu banyak mengonsumsi kafein menyebabkan mata mengalami berbagai gangguan seperti kantung mata dan mata panda.

Tentu hal ini sangat membuat Anda kurang percaya diri. Beruntungnya ada beberapa bahan dapur yang bisa dijadikan masker mata alami yang mudah dan tidak pakai mahal. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Masker Mata Alami

Saat ini sudah banyak produk yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kantung mata. Tetapi tidak jarang pula jika produk-produk tersebut kurang cocok dengan Anda.

Alternatif yang dapat Anda gunakan adalah dengan memakai bahan-bahan alami. Selain mudah didapatkan, kandungan dari bahan-bahan alami ini memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan produk yang dijual bebas.

Kantung Teh

Setiap membuat teh, kantung teh bekas akan langsung dibuang. Padahal kantung teh tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata secara alami. Kandungan tanin pada kantung teh bisa mengurangi pembengkakan dan perubahan warna lingkar mata. 

Caranya, Anda bisa menggunakan teh hijau atau teh hitam. Simpan kantung teh yang sudah Anda pakai semalaman ke dalam kulkas untuk digunakan keesokan paginya. Pejamkan mata dan letakan kantung teh tersebut di atas mata selama 10-15 menit. 

Kentang

Asam fosfat dan asam sitrat dalam kentang ampuh menjaga kelenturan kulit. Cara untuk menjadikan kentang sebagai masker mata juga mudah.

Cuci dan iris kentang, lalu blender kentang tersebut hingga halus. Masukan hasil blenderan kentang tersebut dalam kantung atau kain dan kompres mata selama 15 menit. Getah dalam daging kentang memberikan efek dingin yang bisa mencerahkan kulit di area sekitar mata. 

Mentimun

Ini mungkin menjadi masker mata yang paling Anda gunakan. Mentimun memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya, memiliki kandungan vitamin A, B, dan C serta kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium, sangat baik untuk membuat mata sehat dan segar. 

Iris mentimun segar dan tempelkan di area mata selama 10-30 menit. Lalu bilas area mata jika sudah selesai. Untuk hasil maksimal, Anda juga dapat memasukan mentimun ke dalam kulkas sebelum menggunakannya sebagai masker.

Tomat

Menurut hasil penelitian, kandungan zat fitokimia pada tomat dapat meningkatkan pigmentasi kulit sehingga bisa menghilangkan warna hitam pada area mata. Selain itu juga, tomat dapat membuat area kulit di sekitar mata jadi halus dan kenyal. 

Untuk membuat masker mata dengan tomat, Anda bisa mencampurkan satu teh jus tomat dan satu teh jus lemon, lalu usapkan pada area kelopak mata bagian bawah. Biarkan hingga mengering sekitar 10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan ini sehari dua kali.

Minyak Zaitun

Selain mentimun, minyak zaitun juga sudah dikenal sebagai salah satu bahan perawatan yang dapat membuat kulit menjadi cerah dan halus. Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai penghilang mata panda. Ini karena antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun juga membantu mencerahkan area di bawah mata yang menghitam.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan oleskan minyak zaitun di area sekitar mata dan pijat-pijat ringan. Lakukan setiap hari secara rutin sebelum Anda tidur.

Putih Telur

Kandungan vitamin dalam putih telur dapat mengurangi flek dan lingkar gelap di area mata. Selain itu juga, putih telur ampuh mengurangi inflamasi dan mengencangkan pori-pori kulit sekitar mata. 

Kocok putih telur hingga kaku, kemudian oleskan pada area mata yang menghitam. Diamkan hingga mengering selama kurang lebih 20 menit. Lalu bilaslah dengan air hangat.

Jeruk Nipis dan Lemon

Buah yang satu ini dikenal punya kandungan vitamin C yang tinggi. Karena itulah jeruk nipis dan lemon sudah banyak digunakan untuk masalah kulit, tidak terkecuali mata panda.

Cara memanfaatkan jeruk nipis dan lemon sebagai masker adalah potong jeruk nipis atau lemon membentuk lingkaran.lalu tempelkan pada area mata selama 15 menit.

Madu

Tidak hanya punya rasa yang manis, madu juga dikenal mampu meregenerasi kulit termasuk area mata. Mata akan kembali menjadi cerah. 

Oleskan madu pada area mata lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air. Untuk hasil maksimal Anda bisa menggunakannya secara rutin sebelum tidur.

Es Batu

Es batu juga sudah sejak lama dan sering digunakan sebagai solusi kecantikan. Es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada jaringan.

Cara memakainya juga tidak rumit dan sangat ampuh untuk menghilangkan mata panda. Anda bisa menggunakan handuk dan mengompres mata dengan es batu sekitar 10 menit dengan jeda beberapa waktu.

Kunyit

Kandungan antioksidan dalam kunyit dapat meredakan peradangan, mengatasi mata panda. Cara menggunakan masker mata alami ini yaitu Anda perlu menumbuknya terlebih dahulu hingga halus, lalu oleskan pada mata selama 10 menit hingga kering. Jangan lupa untuk membilasnya.

Minyak Almond

Kacang almond banyak mengandung vitamin E, sementara minyaknya mengandung emollient yang bisa membuat kulit kencang dan menjaga kelembaban kulit.

Cara menggunakannya juga sama seperti Anda menggunakan masker minyak zaitun, yaitu dengan mengoleskannya pada area mata lalu pijat perlahan. Bilas setelah dirasa minyak sudah meresap.

Susu Dingin

Susu dingin juga dapat dijadikan masker mata alami yang bisa menghilangkan kantung mata. Caranya Anda tinggal mencelupkan kapas pada susu dingin, kemudian tempelkan pada mata dan diamkan sejenak.

Menjaga kesegaran mata adalah sesuatu yang penting agar mata selalu sehat dan menjaga penampilan kita sehari-hari. Mata lelah juga sering karena debu atau terlalu lama di depan layar komputer, sehingga mata menjadi kering dan menimbulkan gatal.

Untuk tetap bisa menjaga kesegaran mata dimanapun dan kapanpun pastikan Anda membawa Y-Rins. Y-Rins diformulasikan khusus untuk dengan cepat mengembalikan kesegaran mata yang lelah.