Menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari adalah hal yang penting. Sebab jika tidak, kita akan terkena dehidrasi yang dapat menyebabkan kita sakit kepala, kelelahan, masalah pada elastisitas kulit, kram otot, darah rendah, dan denyut jantung menjadi lebih cepat.

Jika berlangsung dalam jangka waktu lama, dehidrasi bisa menyebabkan komplikasi dan kegagalan organ yang dapat berujung pada kematian. Untungnya, ada beberapa daftar makanan yang mengandung banyak air yang dapat menjaga kita dari dehidrasi. 

Apa sajakah daftar makanan yang mengandung banyak air tersebut? Mari kita simak!

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi bisa dengan banyak mengonsumsi air putih. Namun, banyak dari kita terkadang malas untuk minum air putih. Kalau sudah begini, berarti kita mulai harus mencari alternatif lain agar tubuh kita tetap cukup kandungan airnya.

Alternatif yang bisa Anda pilih adalah dengan mengonsumsi sayuran atau buah. Bukan tanpa sebab, sebuah riset membuktikan bahwa buah dan sayur bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan air sebesar 20 persen. Berikut ini sayur dan buah yang bisa Anda pilih untuk terhindar dari dehidrasi:

Daftar Makanan yang Mengandung Banyak Air


Stroberi

Stroberi mengandung 92% air, vitamin C, mangan dan antioksidan yang dapat mencegah dehidrasi dan berbagai macam peradangan. 

Mengonsumsi  stroberi secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, berbagai jenis kanker, dan baik juga untuk Alzheimer Stroberi juga nikmati dikonsumsi dengan berbagai cara, Anda bisa menjadikannya jus, puding, yogurt. atau dikonsumsi langsung juga bisa jadi pilihan.

 Apel

Apel selain sering dikonsumsi mereka yang diet, juga menjadi buah yang pas untuk menjaga kita tetap hidrasi karena apel mengandung banyak air. Apel juga mengandung gula alami, asam amino, garam mineral, dan vitamin. 

Timun

Kandungan air di timun bisa dibilang tinggi, 95 sampai 96,7 persen mengandung air. Selain itu juga, timun mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, kalium, vitamin K, dan asam kafeik, yang dapat membantu mengatasi dan mengurangi iritasi kulit serta dehidrasi. 

Anda dapat menikmati timun dengan mencampurnya dalam salad atau dibuat sup timun.

Selada

Seperti timun, kandungan air dalam selada juga tinggi, 95 sampai 96 persen air. Selain kaya akan kandungan air, selada juga mengandung vitamin K, vitamin A, folat. 

Sama seperti timun, Anda dapat menikmati selada dengan mencampurnya dalam salad atau dalam sandwich.

Tomat

Tomat mengandung 94 persen air, serta kaya akan kandungan seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan seperti likopen yang bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Cara menikmati tomat juga beragam, Anda bisa membuatnya menjadi jus, menambahkannya dalam salad, saus, ataupun sup.

Semangka

Buah yang satu ini sangat pas untuk dinikmati ketika matahari sangat terik. Semangka mengandung mengandung 91 sampai 92 persen air. vitamin C, vitamin A, magnesium, serta antioksidan seperti likopen yang lebih tinggi daripada tomat. Selain menjaga agar kita tetap terhidrasi, semangka juga dapat mengurangi nafsu makan karena dapat membuat perut kenyang.

Belimbing

Buah belimbing mengandung 91 persen air. vitamin C, dan antioksidan seperti epicatechin yang dapat mencegah dehidrasi. Belimbing juga dapat membuat jantung lebih sehat. Namun, belimbing tidak dianjurkan bagi mereka penderita ginjal karena kadar asam oksalatnya yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi belimbing secara langsung atau menjadikannya infues water

Jeruk Bali

Jeruk bali mengandung 88 sampai 90 persen air, vitamin C, vitamin A, kalium dan float. 

Selain dapat mencegah dehidrasi, jeruk bali juga baik dikonsumsi saat diet karena mampu menstabilkan gula dalam darah, membakar lemak serta menjaga tekanan darah. Jeruk bali bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan smoothies.

Selain beberapa buah dan sayur di atas, agar Anda terhindar dari dehidrasi, Anda juga dapat mengonsumsi susu tanpa lemak karena punya kandungan sodium yang lebih optimal. Ada juga air kelapa, sebagai alternatif lain untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air kelapa banyak mengandung mineral baik, seperti kalium, kalsium, natrium, fosfor, klorida.

Minum air kelapa juga bermanfaat sebagai diuretik, yang sangat baik bagi penderita diare. Beruntungnya, saat ini sudah ada Renalyte sebagai salah satu larutan air kelapa yang enak dan steril. Renalyte juga aman dikonsumsi oleh anak-anak. Renalyte tergolong jenis bebas berlogo hijau, artinya Renalyte bisa dikonsumsi tanpa resep dokter.