Kalau Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, Anda mungkin familiar dengan daftar makanan di bawah ini yang katanya bagus untuk diet. 

Padahal, kalau salah pilih, berat badan malah bisa jadi naik kalau Anda makan makanan ini.

Supaya tidak kebingungan karena sudah makan makanan diet tapi berat badan masih naik terus, yuk, simak makan apa saja yang diam-diam ternyata bisa bikin gemuk.

 

1. Smoothies

 

Terbuat dari buah-buahan dan sayuran yang tidak disaring, smoothies menyehatkan tubuh karena kaya vitamin dan tinggi serat, sehingga lebih mengenyangkan dibanding jus.

Masalahnya, banyak smoothies yang dijual di pasaran tak hanya mengandung buah dan sayur saja, tapi juga bahan makanan tinggi kalori seperti sirup, susu kental manis, selai cokelat, whipped cream, dan sebagainya. 

SOLUSI: Buat smoothies sendiri di rumah yang terbuat dari buah dan sayur favoritmu saja tanpa tambahan bahan makanan lain yang tinggi gula.

 

2. Jus 

Jus buah adalah salah satu minuman kaya vitamin yang baik untuk kesehatan. Tapi jika tujuan Anda adalah untuk menurunkan berat badan, jus bukan pilihan tepat.

Karena disaring, serat buah dan sayur hilang dari jus dan hanya menyisakan kandungan vitamin dan gulanya saja. Anda memang mendapat asupan vitamin, tapi asupan gulanya pun tak kalah tinggi.

Belum lagi karena berupa minuman, banyak orang minum jus dalam jumlah banyak tanpa merasa kenyang, sehingga tanpa sadar asupan gula meningkat drastis dan berat badan pun naik.

SOLUSI: Batasi minum jus hanya sesekali saja dalam jumlah kecil. Kalau Anda pecinta buah, sebaiknya konsumsi buah langsung saja, atau kalau ingin diminum buatlah dalam bentuk smoothies (tidak disaring), bukan jus.

 

3. Yogurt rendah lemak

Yogurt yang berlabel “low fat” memang mengandung lemak yang lebih sedikit. Namun, berkurangnya kandungan lemak membuat rasa yogurt kurang enak, sehingga biasanya produsen yogurt akan menambahkan kandungan gula.

Padahal, yang membuat gemuk dari makanan bukanlah kandungan lemaknya, melainkan kandungan gula.

SOLUSI: Pilih yogurt berdasarkan kandungan gulanya, bukan dari kandungan lemaknya. Cek tabel daftar nutrisinya dan pilih yang kandungan gulanya paling rendah.

 

4. Sereal

Sarapan sereal memang praktis dan enak, tapi lagi-lagi, sereal mengandung gula yang sangat tinggi sehingga malah bisa bikin gemuk. Ditambah lagi, biasanya sereal juga mengandung protein rendah sehingga kita cepat lapar lagi.

SOLUSI: Ganti sarapan dengan menu tinggi protein seperti telur. Kalau Anda doyan sereal, coba pilih oatmeal tanpa gula.

 

5. Salad buah

Buah-buahan adalah makanan yang bukan hanya sehat, tapi juga bisa membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan benar. 

Sayangnya, dalam salad buah yang sering beredar di pasaran, buah-buahan biasanya dicampur dengan susu kental manis, sirup, atau saus krim manis. Semua ini mengandung gula yang sangat tinggi dan membuat salad buah menjadi makanan yang bikin gemuk.

SOLUSI: Hindari menambahkan saus dan topping tinggi gula pada salad buah. Konsumsi buah apa adanya akan lebih sehat.

 

6. Protein bar

Protein bar sering jadi solusi snack untuk menghilangkan rasa lapar jika Anda tak sempat makan. 

Untuk mengganjal perut dalam jangka pendek, protein bar memang efektif. Tapi jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya hindari konsumsi snack ini karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi.

SOLUSI: Konsumsi protein bar hanya dalam kondisi darurat lapar saja, saat perut keroncongan atau butuh asupan energi, tapi tidak ada makanan berat.

Supaya berat badan cepat turun, pilihlah makanan dengan kandungan protein dan serat tinggi, serta gula yang rendah. Akan lebih baik bila disertai olahraga rutin.

Permen diet Slendy juga bisa dicoba untuk membantu pembakaran lemak tubuh. Emut tablet hisap pembakar lemak Slendy sebelum beraktivitas agar tubuh berkeringat dan membakar lemak lebih banyak saat bergerak.

Beli SLENDY di sini