Memar yang tiba-tiba muncul di bagian tubuh sering dikaitkan dengan hal mistis dan ada juga yang mengaitkannya dengan  kondisi kesehatan. Lebam atau memar sendiri terjadi ketika pembuluh darah kita pecah karena trauma atau cedera.

Luka memar yang diiringi dengan rasa sakit membuat kita tidak nyaman saat beraktivitas. Ada beberapa makanan untuk mengatasi memar sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

Makanan untuk Mengatasi Memar

Mungkin Anda sudah terbiasa menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan memar. Tapi tentu tidak ada salahnya mencari alternatif lain selain obat untuk menghilangkan memar, bukan? Salah satu alternatif yang bisa Anda coba adalah dengan makanan.

Yap, ada beberapa makanan dengan kandungan di dalamnya yang ternyata punya khasiat untuk mempercepat proses penyembuhan memar. Seperti berikut ini:

Nanas

Buah nanas salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjadi obat alami penghilang memar yang sedang Anda alami. Hal ini karena, salah satu buah tropis ini mengandung bromelin yang dapat menurunkan inflamasi yang terjadi pada kulit. Anda dapat menikmatinya dengan memakan langsung atau juga dalam bentuk jus.

Seafood

Saat memar, makanan yang mengandung zinc sangat baik dikonsumsi karena zinc membantu memaksimalkan fungsi enzim dan imun. Sehingga dapat membantu menyembuhkan memar. Kandungan zinc dapat Anda temui di makanan laut pada daging kepiting, dan lobster.

Tofu

Bagi sebagian orang, tofu mungkin belum menjadi makanan favorit seperti tahu. Tofu sendiri berbeda dengan tahu, tekstur pada tofu lebih lembut ketimbang tahu. Tofu juga sangat kaya akan bermacam nutrisi salah satunya protein, kalsium, zat besi, vitamin B. Protein tersebut dibutuhkan untuk menguatkan pembuluh darah kecil agar tidak mudah pecah sehingga menyebabkan memar.

Buah-buah Sitrus

Buah golongan sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan yang lainnya terbukti bisa menyembuhkan memar bagi para lansia. Ini berdasarkan sebuah studi yang menemukan bahwa flavonoid di dalam buah tersebut bisa menyembuhkan memar pada lansia yang mengalami memar berulang. 

Buah-buah sitrus mengandung asam folat yang dapat menjaga kesehatan sel dan pertumbuhannya. 

Biji Labu

Anda bisa mengonsumsi buah labu sebagai pengganti nasi karena kandungan labu yang kaya akan karbohidrat. Lalu bijinya juga bisa Anda konsumsi karena mengandung mineral yang bagus untuk menyembuhkan memar. Anda bisa memasukan biji labu ke dalam salad atau smoothie bowl sebagai makanan sarapan.

Kiwi

Buah kiwi punya banyak mengandung potasium yang tinggi. Potasium ini membantu memperbaiki jaringan dan mempercepat penyembuhan luka. Anda bisa menikmatinya dengan cara di jus atau bisa juga menambahkannya dalam salad. 

Stroberi

Buah stroberi digemari oleh semua kalangan karena beragam khasiatnya terutama untuk kesehatan kulit. Selain itu, kandungan vitamin K yang cukup tinggi dalam buah ini juga bisa meminimalkan terjadinya memar sehingga cocok untuk Anda yang mungkin sering sekali atau mudah sekali mengalami memar.

Cara menikmati stroberi juga beragam, selain memakannya langsung, Anda bisa membuatnya menjadi jus, mencampurnya dengan oatmeal, ataupun salad buah.

Sayuran Berdaun Hijau

Kandungan nutrisi yang tinggi pada sayuran berdaun hijau sangat  baik untuk menyembuhkan memar. Sayuran berdaun hijau juga mengandung quercetin, yaitu antioksidan flavonoid yang  ditemukan dalam makanan nabati. Quercetin dapat melawan kerusakan radikal bebas, efek penuaan, dan peradangan.

Sayuran berdaun hijau yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan memar yaitu salad bayam organik dan campurkan dengan tuna serta aduk dengan minyak zaitun, bisa menjadi pilihan makanan nikmat Anda.

Daging Bebas Lemak

Tubuh manusia pada dasarnya bisa menghasilkan kreatinin secara sendirinya. Nah, kreatinin ini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan dan memelihara sel-sel tubuh. Kreatinin ini bisa Anda dapatkan di daging merah bebas lemak. Tentu saja Anda tetap harus memperhatikan asupannya, sebagai acuan dalam 1,5 kg daging mentah terdapat 2 gram kreatinin, maka Anda bisa makan sekiranya kurang dari itu.

Selain makanan untuk mengatasi memar yang bisa membantu Anda dalam proses penyembuhan memar. Untuk mempercepat penyembuhan memar, tidak ada salahnya juga memberikan salep oles sehingga pengobatan tidak hanya dilakukan dari dalam tapi juga luar.

Namun harus juga diperhatikan pemberian salep, jangan sampai Anda mengoleskan salep sembarangan yang hanya akan memperburuk keadaan luka Anda. Salah satu yang dapat menyembuhkan luka memar adalah heparin, heparin memang telah dikenal untuk mengatasi pembuluh darah yang pecah. Kandungan heparin dapat Anda temukan di Thromboflash

Thromboflash merupakan salep penghilang memar dan luka dalam yang mengandung heparin halal dan bisa didapatkan tanpa resep dokter.

Hilangkan memar dengan sehat dan halal dengan Thromboflash.