Apakah Anda pernah mengalami mata merah atau iritasi mata? Banyak orang yang mengalami gangguan mata seperti mata merah, mata gatal, atau iritasi mata secara tiba-tiba tanpa sebab.

Sebenarnya, gangguan ini bukan muncul tiba-tiba atau tanpa sebab. Seringkali gangguan mata ini muncul karena beberapa hal sepele yang sering Anda tidak sadari. 

Apa saja? Dan bagaimana cara mencegahnya? Berikut penjelasannya.

Polusi Udara

Polusi udara yang mengandung nitrogen dioksida (NO2) dan karbon monoksida (CO) tidak hanya berbahaya bagi pernafasan saja. Menurut sebuah penelitian, polusi udara juga memiliki potensi untuk mengganggu kesehatan mata.

Bagi Anda sering berada di luar ruangan pada kota-kota besar sebaiknya gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan polusi udara dan sinar UV yang dapat membahayakan mata.

Softlens (Lensa Kontak)

Pemakaian lensa kontak sering menyebabkan mata merah jika tidak dilakukan dengan benar. Lensa kontak yang kotor, kering, atau terlalu lama menggunakan lensa kontak dapat menimbulkan iritasi, infeksi, dan mata merah. 

Jika Anda mengalami gejala mata merah ketika menggunakan lensa kontak, segera lepas dan bersihkan mata agar gejalanya dapat segera teratasi.

Mata yang kering pun sebaiknya jangan menggunakan lensa kontak terlebih dahulu karena hal ini dapat menghambat oksigen ke kornea dan dapat membatasi aliran cairan mata. 

Layar Komputer dan HP

Terlalu lama melihat layar komputer, televisi, atau telepon genggam dapat menyebabkan mata merah dan juga lelah. Sindrom ini disebut dengan istilah computer vision syndrome. 

Hal ini dapat terjadi karena ketika melihat layar, mata akan berkedip lebih sedikit dari biasanya sehingga akan membuat mata menjadi cepat kering. 

Sebaiknya Anda batasi waktu ketika melihat layar terutama layar komputer. Berikan waktu beberapa saat bagi mata agar tidak cepat lelah dan Anda pun dapat tetap terus berkonsentrasi. 

Kosmetik/Make Up

Menggunakan makeup tidak boleh sembarangan. Campuran bahan-bahan kimia yang umumnya terkandung di dalam makeup bisa menimbulkan efek yang buruk bagi kulit tubuh.

Ketika makeup yang Anda gunakan tidak cocok, akan timbul masalah-masalah pada kulit seperti kulit kering, jerawat, dan lain-lain.

Makeup terutama makeup yang digunakan pada bagian mata seperti eyeliner, eyeshadow, dan maskara jika tidak hati-hati dapat mengganggu mata Anda.

Bahan kimia yang terkandung di dalam makeup jika tidak dibersihkan secara rutin dapat merusak kesehatan kulit. Apa jadinya jika makeup ini masuk ke dalam mata?

Mata adalah bagian tubuh yang sangat sensitif. Jika dibandingkan dengan kulit wajah, mata jauh lebih rentan untuk luka atau mengalami iritasi.

Ketika makeup masuk ke dalam mata, bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan mata iritasi dan mata merah. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya bersihkan mata Anda sebelum gangguan yang terjadi akan semakin parah. 

Mata Kering

Mata kering dapat disebabkan oleh banyak hal. Hal yang paling sering sering terjadi salah satunya adalah karena kelenjar air mata tidak memproduksi cairan mata seperti biasanya, baik dari segi kualitas maupun kualitas.

Jumlah air mata yang tidak sebanyak biasanya maupun terlalu banyak air mata yang menguap akan membuat mata kering dan terlihat merah. 

Cuaca panas, daerah kering, berangin, penggunaan lensa kontak, asap rokok, hingga kekurangan vitamin A pun dapat menjadi penyebab mata merah. 

Untuk mengatasi mata kering, Anda dapat menggunakan obat tetes mata. Jenis obat ini dapat didapatkan tanpa resep dan banyak tersedia di apotek atau toko obat. Gunakan obat tetes mata ini sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan.

Infeksi

Konjungtivitis adalah kondisi peradangan mata yang umum terjadi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi, alergi atau iritasi. 

Kondisi ini muncul akibat peradangan di lapisan bola mata dan bagian dalam permukaan kelopak mata yang menyebabkan pembuluh darah pada mata membengkak dan mata terlihat merah.

Konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi akan berbeda dengan mata merah yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Jika disebabkan oleh alergi, mata merah akan disertai dengan gatal, mata berair, dan terkadang disertai dengan pembengkakan. 

Jika disebabkan oleh virus atau bakteri, mata merah akan muncul disertai dengan mata bernanah, mata terasa nyeri, dan bengkak.

Cara Membersihkan Mata dan Mencegah Mata Tercemar

Mata adalah organ tubuh yang sensitif dan cukup rentan terhadap luka. Untuk itu Anda perlu menjaga kebersihan dan kesehatannya. Terlebih jika mata Anda sering terkena polusi udara perkotaan yang berbahaya bagi kesehatan mata.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan mata adalah dengan menggunakan obat pencuci mata.

Dengan menggunakan obat pencuci mata, Anda dapat mengurangi risiko mata terkena iritasi terutama iritasi yang disebabkan oleh benda asing yang masuk mata seperti partikel debu. 

Obat pembersih mata yang ampuh untuk menjaga kebersihan mata adalah Y-Rins. Y-Rins adalah pencuci mata yang memiliki kandungan pH yang sama dengan pH cairan mata manusia. 

Y-rins diproduksi menggunakan bahan-bahan yang halal dan tanpa bahan pengawet sehingga aman jika digunakan setiap hari, bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

Y-rins dapat digunakan dua kali dalam sehari. Pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah beraktivitas.