Saat diet, hal yang paling sulit untuk dikendalikan adalah keinginan untuk ngemil. Terutama di jam-jam ketika kita sedang senggang. Godaan untuk ngemil kerap mengalahkan diet yang sedang kita lakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Lalu sebenarnya apa ngemil saat diet adalah hal yang dilarang? Adakah cemilan sehat yang bisa kita konsumsi saat diet?

Beberapa orang yang sedang melakukan diet tidak akan pernah menyentuh cemilan. Alasannya karena mereka akan merasa diet yang sudah dilakukan mati-matian akan sia-sia.

Hal ini juga disampaikan dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam miror.co.uk bahwa 51% wanita dan 42% pria yang melakukan diet menghindari cemilan. Ngemil saat sedang melakukan program diet bukanlah sesuatu hal yang berdosa. Tapi, tentu saja Anda harus memperhatikan beberapa rules berikut ini.

Perhatikan Waktu saat Ngemil

Jika Anda tetap ingin ngemil saat sedang melakukan program diet, perhatikan jadwal ngemil dan sangat disarankan untuk membuat jadwal sendiri. Hal ini supaya perut Anda tetap terasa kenyang, Anda juga terhindar dari craving makanan berlemak lainnya. 

Waktu ideal mengonsumsi cemilan adalah pagi hari sekitar jam 10 pagi atau saat sore sekitar jam 3. 

Nikmati Setiap Kunyahan

Faktanya saat ngemil, satu dari enam orang tidak merasakan rasa cemilan yang dimakan. Jadi saat Anda ngemil pastikan kunyah cemilan secara perlahan dan rasakan rasa cemilan tersebut.

Cek Detail Cemilan dalam Kemasan

Ini sangat penting namun kerap kita abaikan. Saat ngemil, periksa besar nutrisi dan kalori yang biasanya dimuat di samping kemasan. Dengan mengetahui berapa kalori yang sudah Anda makan dalam cemilan, Anda dapat mengkalkulasikannya dengan makanan lainnya.

Pilah Pilih Cemilan

Membatasi jumlah cemilan yang dikonsumsi bukanlah hal yang salah. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda juga bisa memilah-milih cemilan yang tepat. Camilan sehat yang dikonsumsi sebanyak 200 kalori per hari ternyata bisa meningkatkan nutrisi tubuh dan mencegah lapar. Dengan kandungan sekitar 10 gram protein dan setidaknya 5 gram serat. 

Cemilan sehat dan enak berikut ini bisa kamu pilih dan coba.

Kacang Merah

Mungkin ini sudah menjadi rahasia umum bahwa kacang merah adalah makanan yang tidak akan membuat gemuk. Tapi ini memang seperti itu, kacang merah sangat kaya akan serat. Selain itu juga kacang merah mengandung protein dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Edamame

Hijau, kecil dan lezat kata yang cocok untuk menggambarkan makanan ini, Edamame. Banyak ahli merekomendasikan edamame sebagai panganan untuk mereka yang melakukan diet. Bukan tanpa alasan, itu semua karena edamame adalah satu-satunya kacang di dunia yang mengandung sembilan jenis asam amino esensial. Bahkan kandungan protein yang ada di dalam edamame disebut setara dengan daging dan telur.

Olahannya juga mudah, edamame yang direbus juga sudah enak untuk dinikmati.

Yoghurt

Selain bagus untuk pencernaan, yoghurt juga bisa Anda nikmati sebagai cemilan saat diet. Hal itu karena yoghurt mengandung banyak protein, kalsium, vitamin dan probiotik yang sangat membantu pencernaan.

Popcorn

Tentu Anda sudah tidak asing dengan panganan satu ini. Yap, popcorn yang kerap kita nikmati sambil menonton film di bioskop ini juga bisa dijadikan cemilan saat diet.

Walaupun popcorn yang berasal dari jagung ini kaya akan karbohidrat tapi tidak ada salahnya menikmati popcorn sebagai cemilan. Kuncinya adalah memperhatikan tambahan mentega, dan garam.

Dark Chocolate 

Coklat yang satu ini dijamin tidak akan membuat diet Anda gagal. Karena dark chocolate membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini juga telah diperkuat oleh penelitian yang dilakukan University Copenhagen. Jadi, jika ingin ngemil saat tengah diet, konsumsi saja dark chocolate.

Alpukat

Buah yang sering dianggap sebagai penggemuk karena kandungan lemaknya ini justru menjadi buah yang tepat untuk dijadikan cemilan saat diet. Hal ini karena lemak yang terkandung dalam alpukat bisa menurunkan berat badan. Ini karena alpukat rendah gula, kaya serat, vitamin A, E, K dan C, zat besi dan kalsium.

Jadi, ngemil disaat Anda sedang melakukan diet bukanlah sesuatu kesalahan bahkan sangat dianjurkan, hal ini karena saat melakukan diet kita merubah kebiasaan makan kita yang mempengaruhi pada pembentukan energi. Mengonsumsi cemilan sehat dapat membantu Anda untuk tetap sehat dan berenergi. 

Selain mengonsumsi cemilan sehat, untuk mempercepat proses diet Anda juga bisa menambahkan Slendy. Slendy adalah tablet hisap yang membantu membakar lemak pertama di Indonesia yang tersedia dalam dua rasa buah yaitu jeruk dan anggur. 

Kandungan Slendy juga aman dan telah terdaftar di BPOM membuat Anda tak perlu lagi ragu untuk mengonsumsi Slendy sebagai sahabat diet.