Mata adalah jendela dunia. Begitu salah satu bunyi pepatah yang mungkin sudah kita sering dengar. Sebagai salah satu indra yang membantu kita melihat saat menjalani hari. Sudah seharusnya kita menjaga mata. Namun, ada beberapa hal yang tidak bisa kita hindari sehingga membuat mata kita luka.

Luka yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah luka lebam. Luka lebam di mata tentu membuat kita tidak merasa nyaman, lalu bagaimana cara menghilangkan lebam di mata?

Cedera yang bisa dialami pada area mata sehingga menyebabkan lebam biasanya karena terkena benturan benda keras, seperti mungkin kita berkelahi dan mendapat hantaman di area mata.

Mungkin juga tidak ada benda asing yang mengenai mata kita, namun memar bisa terjadi di area sekitar mata atau di bola matanya. 

Struktur wajah dan mata kita sesungguhnya telah sangat sesuai untuk melindungi mata kita dari cedera. Letak bola mata terdapat di dalam rongga yang disekitarnya dikelilingi oleh bubuhan betulang yang amat kuat. 

Kelopak mata pun dapat segera menutup secara spontan ketika ada benda asing yang masuk dan mata bisa mengatasi benturan ringan tanpa terjadi kerusakan. 

Walau demikian, mata dan area sekitarnya bisa mengalami kerusakan ketika mengalami cedera. Kalau sudah
seperti ini, Anda harus mengambil langkah cepat, dengan melakukan hal-hal berikut ini:

Menghilangkan Memar Luka Lebam di Mata

Memar pada mata ditandai dengan adanya benjolan di area yang terbentur, kadang juga akan muncul warna
biru keunguan. Namun, jangan khawatir, beberapa cara di bawah ini dapat menghilangkan luka memar di mata Anda.

Kompres Es Batu

Setelah mengalami luka
memar di mata, langkah penanganan pertama adalah segera mengompresnya dengan es
batu. Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan dan juga mencegah darah
yang merembes ke jaringan. 

Ambil beberapa es batu dan balut dengan handuk kecil. Setelah itu, kompres pada area mata yang memar,
lakukan secara perlahan selama 5 hingga 10 menit. 

Kompres Air Hangat

Jika es batu membantu mengurangi pembengkakan pada memar. Maka air hangat membantu meningkatkan
aliran darah ke jaringan sehingga mempercepat penyembuhan dan melebarkan
pembuluh darah setempat.

Hal ini bisa Anda akukan setelah 1 atau 2 hari mengompres lebam dengan es batu. Cukup celupkan
handuk pada air hangat, peras dan kompres ke bagian yang lebam, lakukan
beberapa kali seperti mengompres dengan es batu.

Konsumsi Banyak Vitamin C

Cara yang satu ini mungkin Anda akan menyukainya, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C akan membantu penyembuhan luka lebih cepat.

Buah-buahan seperti jeruk, nanas, mangga  atau sayur dan umbi seperti brokoli, paprika, ubi. Bisa menjadi pilihan Anda untuk memperbanyak asupan vitamin C.

Tanaman Peterseli

 Tanaman peterseli memiliki sifat anestesi dan anti peradangan. Ini bisa jadi cara alami untuk menghilangkan cedera mata Anda.

Caranya giling beberapa peterseli cincang dan campur dengan batu es, jika sudah masukan ke dalam plastik dan masukan dalam lemari es hingga membeku. Jika sudah membeku, ambil beberapa bagian dan bungkus dengan kain lalu tempelkan di area yang lebam. 

Hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan kompres dengan peterseli beku ini adalah jangan
terlalu lama meninggalkan kompres.  

Gunakan Obat Pereda Nyeri

Jika Anda merasakan nyeri akibat lebam yang Anda alami atau pembengkakan di area sekitar mata, jangan pernah menggunakan Aspirin sebagai obat untuk menghilangkannya.

Hal ini karena sifat antikoagulan pada Aspirin dapat mencegah pembekuan darah, sehingga lebam justru akan bertambah besar. dan akan sembuh lebih lama. 

Cobalah parasetamol atau acetaminophen. Selain aspirin, mengonsumsi ibuprofen juga
tidak dianjurkan.  

Mengoleskan Salep Lebam

Salah satu cara lain yang dapat membantu menghilangkan lebam di mata adalah memberikan salep oles. Cara ini cukup mudah dan juga terjangkau, tapi Anda jangan asal memberikan salep oles. Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan salep oles adalah kandungannya. 

Pastikan salep oles tersebut mengandung heparin sodium yang bekerja untuk melarutkan gumpalan darah. Kandungan heparin sodium ini bisa Anda temukan di Thromboflash.

Sebagai salep oles yang berbentuk gel, Thromboflash efektif menyembuhkan luka seperti lebam. Selain itu, Thromboflash juga telah menjamin kehalalan kandungan heparin di dalam gelnya. Jadi tidak lagi perlu takut.