Lemak berlebih pada tubuh terkadang membuat kita kurang percaya diri. Kalau sudah begini, tentu Anda akan memikirkan bagaimana cara menghilangkan lemak berlebih ini, terutama lemak pada bagian paha yang bisa dibilang lemak ‘bandel’.

Timbunan lemak pada paha tidak hanya membuat paha tampak besar namun juga bergelambir. Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana cara menghilangkan lemak paha dengan cara sehat dan asik.

Cara Menghilangkan Lemak Paha

Kita, terutama kaum wanita kerap terganggu dengan lemak berlebih pada paha yang membuat mereka terlihat lebih besar. Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan tubuh bentuk pear. Yaitu suatu kondisi tubuh di mana bentuk bagian bawah terlihat mencolok pada bagian pinggul ke bawah dan ukurannya lebih besar.

Oleh karena itu pasti Anda rela melakukan apa saja demi bisa menghilangkan lemak pada paha. Ini beberapa cara yang bisa mulai Anda terapkan untuk dapat menghilangkan lemak paha dan dapat tubuh yang proposional:

Olahraga

Beberapa olahraga diketahui efektif menghilangkan lemak paha. Olahraga ini dalam gerakannya melibatkan paha, sehingga akan banyak lemak yang terbakar ketika Anda melakukannya, olahraga tersebut seperti:

Olahraga Kardio

Jogging

Jogging menjadi olahraga yang pas untuk Anda membakar lemak paha dan juga betis karena selama Anda jogging, paha dan betis akan berkontraksi untuk membakar lemak-lemak.

Bersepeda

Ini adalah salah satu olahraga kardio terbaik untuk mendapatkan bentuk paha yang ideal, tidak hanya itu bersepeda juga baik untuk membentuk otot di sekitar betis, paha, dan bokong. Gerakan kita saat mengayuh sepeda adalah gerakan yang mengandalkan otot-otot paha, maka saat itu akan banyak kalori yang terbakar.

Latihan Kekuatan

Sit up

Salah satu latihan kekuatan ini tidak hanya mampu mengecilkan perut, tapi juga efektif mengecilkan paha. Anda dapat memulainya dengan frekuensi kecil seperti lakukan 10-20 kali per hari dan jika Anda mulai terbiasa Anda bisa menambah frekuensinya. 

Squat

Gerakan ini sangat menitik beratkan pada otot-otot bagian bawah tubuh, termasuk paha dan betis. Anda dapat melakukannya untuk permulaan 10 kali per hari.

Lunges

Gerakan lunges cukup mudah dipraktekan, mulai dengan berdiri tegak, lalu langkahkan satu kaki ke depan, dan tekuk lutut serendah mungkin hingga salah satu lutut hampir menyentuh lantai. Jika sudah dalam posisi tersebut, kembali pada posisi semula. Lakukan setidaknya 20 kali per hari.

Jika Anda rasa, olahraga sangat berat untuk Anda lakukan, mungkin cara ini bisa Anda coba, selain menghilangkan lemak paha, bisa juga menurunkan berat badan. 

Perhatikan Asupan Garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan badan menjadi bengkak. Hal ini karena garam membuat tubuh kita menahan jumlah air yang menyebabkan tubuh kita membesar termasuk pada paha.

Dengan kata lain, semakin banyak mengonsumsi garam, semakin banyak air yang tersimpan dalam tubuh.

Asosiasi Jantung Amerika Serikat, merekomendasi asupan garam setiap orang membutuhkan sekitar 2.300mg sodium per hari. Namun banyak dari kita mengonsumsi lebih banyak dari itu.

Untuk mengurangi konsumsi garam, Anda bisa kurangi makanan yang diproses seperti saus, sayur kaleng, sup yang mengandung banyak sodium.

Kurangi Karbohidrat

Karbohidrat yang kita konsumsi akan ditransformasikan oleh tubuh menjadi glikogen, yang akan disimpan melalui air di hati dan otot.

Artinya, ketika kita mengonsumsi lebih banyak karbohidrat berarti akan lebih banyak air yang tersimpan dalam tubuh kita.

Para pakar kesehatan sendiri menganjurkan konsumsi sekitar 75-100 gram karbohidrat per hari. 

Ketika Anda ingin mengurangi karbohidrat, Anda bisa menggantinya dengan biji-bijian utuh, serta jangan lupa untuk mengonsumsi panganan yang mengandung serat, folat, zat besi, magnesium, antioksidan. 

Konsumsi Kopi di Pagi Hari

Kopi punya efek diuretik ringan dan bisa menstimulasi metabolisme, sehingga lemak tubuh terbakar dan dorongan untuk berolahraga.

Disarankan maksimal konsumsi 2 gelas kopi sehari. Konsumsi kopi yang terlalu banyak akan menimbulkan rasa lapar di malam hari dan membuat tubuh merasa kurang baik.

Makan Banyak Serat dan Protein

Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan tinggi protein membantu menurunkan berat badan. Sebab Anda akan merasa kenyang, namun mengonsumsi sedikit kalori.

Protein sangat penting untuk membangun otot yang akan membuat kaki kita menjadi indah. 

Konsumsi lah 25-35 gram serat dan 75-100 gram protein setiap harinya. Kandungan tersebut bisa Anda dapatkan dari sayur, buah dan daging tanpa lemak.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara ini memang terdengar sederhana, namun dengan meminum air putih 7-8 gelas dapat menghilangkan lemak pada paha. Dengan meminum banyak air juga menjaga Anda dari dehidrasi yang dapat menimbulkan rasa lapar. 

Istirahat yang Cukup

Tubuh orang dewasa setidaknya membutuhkan istirahat 6-8 jam per hari agar tubuh ter relaksasi dengan baik. Selain itu, waktu tubuh tidur adalah waktu tubuh membakar kalori. Setidaknya ada 45-115 kalori yang terbakar per jamnya saat kita tidur. Dengan begitu, cukup tidur membantu untuk menghilangkan lemak di tubuh termasuk paha.

Dukung dengan Konsumsi Fat Burner

Untuk mendukung lemak pada paha menghilangan, saat Anda melakukan beberapa cara di atas, Anda juga bisa mendukung pembakaran lemak dengan mengonsumsi fat burner yang membantu mempercepat pembakaran lemak sehingga ketika kita beraktivitas akan lebih banyak lemak yang terbakar dan efektif.

Namun, Anda jangan asal memilih fat burner, jika salah bisa-bisa justru mendatangkan penyakit kronis. Pilihlah fat burner yang telah terpercaya seperti Slendy yang berbentuk tablet hisap dan digolong BPOM dalam suplemen makan.

Slendy tersedia dalam dua rasa di mana dua rasa, Anggur dan Jeruk yang mengandung L-Carnitine tartrate dan Chromium yang membantu membakar kalori lebih maksimal.