Permukaan yang pernah mengalami luka, meskipun sudah sembuh maka kulit tidak akan sama seperti sebelumnya dan akan meninggalkan bekas. Tak jarang, bekas luka pada kulit membuat penderitanya tidak nyaman dan bahkan bisa ganggu kepercayaan diri. 

Luka yang meninggalkan bekas biasanya adalah luka yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada permukaan kulit. Seperti terkena benda tajam, tergores lapisan yang kasar, atau terkena benda yang bersuhu panas seperti panci saat memasak.

Bekas luka biasanya akan meninggalkan noda hitam pada kulit. Bekas luka yang menghitam ini memang bisa memudar dengan sendirinya, namun butuh waktu yang sangat lama bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Aman dan Efektif

Jika Anda juga memiliki masalah dengan bekas luka maka ada beberapa cara menghilangkan bekas luka agar bisa lebih cepat memudar dan tak lagi ganggu penampilan. Berikut beberapa cara menghilangkan bekas luka yang aman dan efektif:

Lemon atau Jeruk Nipis

Ragam jenis buah citrus atau keluarga jeruk mengandung banyak vitamin C. Vitamin C sendiri diketahui memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Seperti memudarkan noda hitam, mempercepat regenerasi kulit dan mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit seperti keriput.

Cara menghilangkan bekas luka menggunakan lemon atau jeruk nipis ini juga sangat mudah. Pertama, peras lemon atau jeruk nipis. Lalu oleskan air perasan-nya ke bekas luka yang menghitam. Setelah itu diamkan kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Timun

Bekas luka yang menghitam juga bisa dihilangkan menggunakan timun. Kandungan zat silica pada timun mampu memproduksi kolagen yang berperan pada regenerasi kulit.

Timun juga mengandung vitamin C dan potasium yang bisa menangkal radikal bebas serta memperbaiki sel kulit yang rusak.

Pertama, haluskan timun hingga halus. Setelah itu oleskan pada bagian bekas luka sebagai masker. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar bekas luka semakin cepat memudar.

Lidah Buaya

Tanaman yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar ini memang dikenal memiliki banyak manfaat, termasuk dalam memudarkan bekas luka. Lidah buaya mengandung asam amino dan lignin yang bermanfaat untuk merangsang tumbuhnya sel kulit baru.

Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya juga mudah. Anda bisa menggunakan lidah buaya langsung ataupun gel lidah buaya yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Oleskan gel lidah buaya pada bekas luka yang menghitam. Pijat lembut lalu diamkan selama 30 menit, setelahnya bilas dengan air bersih.

Madu

Selain lidah buaya, madu juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka. Kandungan antibiotik dalam madu mampu menangkal racun. Selain itu madu juga dipercaya bisa menghilangkan bekas luka.

Cara menggunakanya adalah, tiap malam sebelum pergi tidur oleskan madu pada bekas luka. Setelah itu balut dengan perban dan diamkan semalaman.

Nah pada pagi harinya bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. Anda juga bisa lho mencampurkan madu dengan minyak zaitun. 

Putih Telur

Cara menghilangkan bekas luka yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan putih telur. Telur memiliki kandungan protein dan mikronutrien yang bisa membantu mencerahkan bekas luka yang menghitam pada kulit.

Cara menggunakannya juga sederhana, oleskan putih telur pada bagian bekas luka yang menghitam. Jika Anda merasa terganggu dengan bau amis telur, maka Anda bisa tambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis.

Minyak Zaitun

Kandungan linoleic acid pada minyak zaitun mampu memudarkan bekas luka yang menghitam. Selain itu minyak zaitun juga mengandung anti-oksidan bernama polifenol yang bisa melindungi sel-sel dari kerusakan.

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun adalah, campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan madu. Setelah itu oleskan pada bekas luka dan pijat lembut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

Salep untuk Luka Memar

Saat terjadi benturan dengan benda keras, biasanya akan muncul bekas luka memar yang membiru atau menghitam. Warna yang gelap tersebut biasanya disebabkan karena adanya gumpalan darah yang berada di lapisan dalam kulit.

Untuk luka memar seperti itu, maka Anda memerlukan salep khusus agar gumpalan darah tersebut hilang dan tidak meninggalkan bekas menghitam. Anda bisa menggunakan salep yang mengandung heparin sodium seperti Thromboflash. Thromboflash adalah salep (gel) yang berfungsi untuk mengobati lebam atau memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, sehingga membantu mengurangi peradangan sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.