Adakah diantara Anda yang memiliki permasalahan dengan bau kaki? Permasalahan ini bisa mengganggu kenyamanan orang lain dan tentunya Anda sendiri jadi tak percaya diri karena takut bau kaki tercium oleh orang lain. 

Bau kaki ini biasanya muncul atau tercium ketika kita melepas sepatu. Jika Anda memiliki permasalahan dengan bau kaki. Anda dapat menyimak penjelasan cara mengatasi bau kaki berikut ini.

Penyebab Bau Kaki

Bau kaki atau bromodosis disebabkan karena adanya pertumbuhan bakteri yang terlampau banyak pada kaki. Bakteri baik memang umumnya ada dan hidup di kaki kita, akan tetapi jika jumlahnya berlebih justru bisa menyebabkan bau kaki.

Bau kaki juga bisa timbul karena kondisi kaki yang lembab, terlebih jika Anda menggunakan kaus kaki dan sepatu seharian penuh. Tahukah Anda, ternyata kelenjar keringat di kaki jumlahnya lebih banyak ketimbang pada bagian tubuh yang lain.

Hormon yang berubah juga bisa mempengaruhi bertambahnya jumlah produksi keringat oleh kelenjar ini. Sehingga kaki jadi lebih lembab, dan bisa menyebabkan bau kaki. Kondisi over produksi keringat ini dikenal sebagai hiperhidrosis.

Berikut beberapa faktor yang mendorong terjadinya bau kaki:

  • Kurangnya kebersihan baik pada kaki maupun sepatu yang digunakan.
  • Menggunakan sepatu yang sama setiap hari. Bayangkan satu hari saja sudah banyak keringat yang menempel pada sepatu. Jika sepatu tersebut dipakai seminggu penuh pasti bau dari keringat terakumulasi dan menyebabkan bau kaki yang parah.
  • Jarang ganti kaus kaki juga bisa mendorong bau kaki. Jika Anda beraktivitas seharian menggunakan kaus kaki dan sepatu, sebaiknya ganti kaus kaki setiap hari. pilihlah kaus kaki dengan bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik
  • Perubahan hormon yang bisa menyebabkan naiknya produksi keringat pada kaki. Perubahan hormon ini biasanya terjadi pada remaja dan juga ibu hamil.
  • Adanya infeksi jamur juga bisa menyebabkan aroma tidak sedap dari kaki.

Kebersihan menjadi hal yang terpenting untuk mencegah timbulnya bau kaki. Baik kebersihan dari kaki Anda, alas kaki atau sepatu, dan juga kaus kaki yang digunakan.

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki pada umumnya bukanlah kondisi medis yang parah atau berbahaya. Oleh karena itu sebagai solusi Anda bisa mengatasi bau kaki ini sendiri di rumah. Berikut beberapa tips cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda coba.

Rawat Kebersihan Kaki

Kebersihan adalah unsur terpenting dalam tahap menghilangkan bau kaki. Selalu pastikan kaki dalam kondisi bersih baik sebelum maupun sesudah menggunakan sepatu. Selain itu sebelum menggunakan sepatu pastikan kaki dalam kondisi kering, agar tidak terjadi kondisi lembab.

Selalu bersihkan kaki pada pagi dan malam hari, gunakan sabun yang mengandung anti-bakteri. Pastian untuk menggosoknya hingga sela-sela jari. Setelah itu keringkan, karena kondisi lembab membuat bakteri senang hidup disana.

Selain itu Anda juga harus rutin memotong kuku jari kaki. Kuku bisa menjadi tempat kotoran menumpuk dan dijadikan sarang oleh para bakteri. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab bau kaki jika Anda malas potong kuku.

Rendam Kaki dengan Cuka atau Garam

Selain mencuci kaki dengan sabun, cara menghilangkan bau kaki yang lain adalah dengan merendam kaki dengan ramuan khusus. Bisa rendaman air cuka, maupun rendaman air garam. Anda bisa merendam kaki ke dalam bak kecil yang sudah berisi campuran air hangat dan ramuan tadi.

Rendaman garam akan membantu proses pengelupasan kulit mati di kaki Anda. Sedangkan cuka memiliki kandungan asam yang tinggi dan mampu membunuh kuman yang menyebabkan bau kaki.

Namun karena sifat asamnya, cuka tidak disarankan untuk Anda yang sedang memiliki luka terbuka.

Scrub atau Eksfoliasi Kaki

Untuk memaksimalkan proses pengelupasan kulit mati, Anda bisa melakukan eksfoliasi atau scrub pada kaki. Proses ini bisa dilakukan setelah Anda mencuci kaki dengan sabun atau setelah merendam kaki dengan ramuan tadi.

Proses eksfoliasi ini akan membuat kaki Anda lebih bersih karena kulit mati yang terangkat. Anda bisa menggunakan batu apung maupun scrub tubuh yang banyak dijual di pasaran. Anda bisa melakukannya 2-3 kali saja dalam seminggu. 

Gunakan Deodorant atau Antiperspirant

Salah satu penyebab bau kaki adalah produksi keringat yang berlebih pada bagian kaki. Oleh karena itu Anda dapat mengoleskan deodorant atau antiperspirant pada kaki sebelum menggunakan kaus kaki dan sepatu.

Ini dapat mengurangi produksi keringat pada kaki Anda. Namun jika Anda menggunakan deodorant atau antiperspirant yang bersifat cair atau basah, sebaiknya pastikan kaki sudah kering terlebih dahulu sebelum penggunaan alas kaki.

Perawatan Sepatu

Selain kaki, Anda juga harus memperhatikan faktor kebersihan pada sepatu. Jangan gunakan sepatu yang sama berturut-turut. Selingi dengan penggunaan sepatu yang lain. Setelah digunakan seharian simpan sepatu di tempat yang kering dan terang agar bakteri tidak bertumbuh disana.

Selain itu pemilihan sepatu juga penting, ukuran yang terlalu kecil justru bisa meningkatkan produksi keringat. Gunakan sepatu yang memiliki ruang bagi kaki untuk bernapas. Hindari juga sepatu yang berbahan jelly atau plastik.

Anda juga bisa mengganti sol sepatu bagian dalam dengan sol sepatu khusus yang berfungsi untuk mengurangi bau kaki. Saat tidak digunakan Anda juga bisa menyemprotkan sepatu dengan semprotan khusus yang bersifat anti-bakteri dan mampu menghilangkan bau kaki.

Pengharum Sepatu

Untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari dalam sepatu Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Bisa kopi, soda kue, arang atau kantong teh celup.

Bungkus bahan-bahan tadi menggunakan kasa (kecuali jika Anda gunakan teh celup maka tak perlu). Setelah itu masukkan ke dalam sepatu dan diamkan semalaman.

Penggunaan Kaus Kaki

Sebaiknya Anda rutin mengganti kaus kaki setiap hari untuk menghilangkan bau kaki. Selain itu gunakanlah kaus kaki dengan bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik, bahan katun dan wol contohnya. 

Jika Anda melakukan aktivitas lain yang membuat Anda berkeringat lebih banyak seperti olahraga , maka Anda harus lebih sering mengganti kaus kaki. Selalu cuci bersih kaus kaki untuk membersihkannya dari berbagai macam bakteri.