Kaki terkadang menjadi bagian tubuh yang kerap diabaikan, kita lebih senang melakukan perawatan pada area wajah. Hal ini sering membuat telapak kaki menjadi pecah-pecah dan kasar karena tidak mendapatkan perawatan untuk menjaga kelembabannya.

Jika sudah pecah-pecah kita pun menjadi kesal karena membuat kita tidak percaya diri saat mengenakan high heels atau sandal. Lalu bagaimana cara menghaluskan telapak kaki yang pecah-pecah?

Penyebab Telapak Kaki Pecah-pecah

Telapak kaki yang pecah-pecah banyak sekali penyebabnya. Perlu diketahui bahwa telapak kaki pecah-pecah merupakan hasil dari kulit kering, dan kulit yang menebal. Saat telapak kaki pecah-pecah, kulit di sekitarnya akan menjadi kekuningan atau coklat.

Bahkan saat hal tersebut tidak ditangani bisa menyebabkan infeksi.

Penyebab kaki pecah-pecah bisa disebabkan karena Anda kurang konsumsi air putih, bisa juga karena Anda terbiasa berjalan di permukaan yang kasar, atau memakai alas kaki yang membuat permukaan kaki menjadi kasar.

Selain beberapa penyebab telapak kaki pecah-pecah yang disebutkan di atas, beberapa faktor lain juga bisa menjadi faktor penyebab, antara lain:

Kondisi Fisik

Tidak bekerja dengan baiknya sirkulasi udara pada sepatu yang kita kenakan, membuat suhu di dalam sepatu menjadi sangat panas. Jika sudah seperti ini, kandungan air dalam kulit akan hilang dan mengakibatkan penebalan lapisan kulit.

Sabun Kulit

Beberapa sabun dapat membuat kandungan minyak pelindung kulit atau bahkan meninggalkan residu iritasi yang dapat menyebabkan kulit kering.

Kondisi Medis

Ada juga beberapa penyakit yang menyebabkan kulit menjadi kering seperti diabetes, hipotiroidisme, dan malnutrisi. Minimnya asupan vitamin A atau asam lemak esensial tertentu seperti asam alfa-linolenat (ALA) dan asam gamma-linolenat (GLA) juga bisa menjadi hal yang menyebabkan kulit telapak pecah-pecah. 

Penuan

Perubahan hormon, dan metabolisme bisa menurunkan regenerasi sel kulit, sehingga bisa menyebabkan penebalan terluar kaki, ini sering juga dikenal dengan istilah stratum corneum.

Bertambahnya usai juga menyebabkan bantalan lemak di telapak kaki menjadi menipis. Hilangnya bantalan lemak ini yang kemudian membuat telapak kaki mudah pecah-pecah.

Cuaca Dingin

Telapak kaki pecah-pecah juga sering terjadi saat cuaca dingin, ini karena kurangnya sinar matahari dan tingkat kelembaban yang rendah. 

Obesitas

Telapak pecah-pecah juga biasa dialami oleh mereka penderita obesitas. Hal ini karena tekanan berlebih pada telapak kaki.

Cara Menghaluskan Telapak Pecah-pecah

Perlu diketahui, retakan kecil oleh kulit pecah dapat menyebabkan pendarahan, ketidaknyamanan, dan rasa sakit. Untuk menghaluskan kembali telapak yang pecah-pecah, Anda dapat mengikuti tips-tips berikut:

Rendam Air Hangat

Cara yang satu ini termasuk cara yang mudah dan praktis. Rendam kaki pada air hangat selama tiga puluh menit, lakukan dua atau tiga kali dalam seminggu. Setelah itu sikat kaki dengan sikat yang lembut untuk mengikis sel-sel kulit mati, telapak kaki bisa menggunakan scrub atau batu apung.

 Oles dengan Madu

Obat telapak pecah yang alami adalah madu. Madu mengandung sifat antimikroba dan antibakteri. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa madu dapat menyembuhkan luka dan melembabkan kulit. 

Untuk pemakaiannya, Anda dapat menggunakan madu setelah merendam kaki di air hangat atau menjadikan masker kaki sebelum tidur.

Minyak Kelapa

Selain madu, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menghaluskan telapak kaki pecah. Minyak kelapa juga sangat baik untuk mengatasi kulit kering, eksim, dan psoriasis. Minyak kelapa membantu mempertahankan kelembaban kulit. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dari minyak kelapa dapat mengatasi kaki pecah-pecah.

Pelembab

Saat ini juga sudah banyak pelembab khusus yang bisa menghaluskan telapak kaki pecah-pecah. Pada umumnya, pelembab mengandung bahan khusus untuk melembutkan dan menghilangkan kulit mati. Usahakan gunakan pelembab yang mengandung Urea (Flexitol Heel Balm), Salicylic acid (Kerasal), Alpha-hydroxy acids (Amlactin), saccharide isomerate.

Gunakan Keratolytic

Saat telapak kaki pecah-pecah, biasanya juga terjadi penebalan. Anda bisa menggunakan keratolytic untuk membantu melunakan. Keratolytic adalah senyawa yang memecah lapisan luar kulit dan bisa mengurangi ketebalan plak psoriatik. Asam salisilat termasuk dalam kelas senyawa ini. 

Asam salisilat ini bisa Anda temui dalam Callusol. Callusol merupakan obat oles yang ampuh melunakan kulit dan melepaskan kulit terkena kapalan. Selain mengandung asam salisilat, juga mengandung polidocanol dan asam laktat.