Belakangan tren minuman infused water semakin populer. Bahkan minuman ini diklaim memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, termasuk dalam menurunkan berat badan

Seiring populernya minuman ini, berbagai resep infused water pun bermunculan. Ada beragam racikan yang disesuaikan dengan kebutuhan  dari orang yang akan mengonsumsinya.

Jadi sebenarnya manfaat infused water untuk diet? Dan bagaimana cara membuat infused water yang khusus untuk diet penurunan berat badan? Simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Infused Water

Infused water sendiri merupakan minuman yang dibuat dari air mineral dan potongan beragam jenis buah-buahan. Bagi orang yang tidak suka minum air putih, infused water bisa jadi pilihan yang bagus.

Karena Anda bisai potongan buah yang dimasukkan ke dalam infused water bisa cita rasa yang menyegarkan, bukan sekedar rasa tawar. Anda juga bisa sekaligus mendapatkan manfaat dari konsumsi air serta buah-buahan di dalamnya.

Infused water atau juga dikenal sebagai detox water ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk diet. Berikut manfaat infused water yang bisa Anda dapat:

Menurunkan Berat Badan

Manfaat infused water yang pertama adalah membantu diet penurunan berat badan. Konsumsi infused water bisa membuat orang cepat kenyang dan kenyang dalam waktu lebih lama. Dengan begitu nafsu Anda untuk makan camilan yang tidak sehat bisa ditahan.

Infused water bisa Anda masukan ke dalam menu makan sehari-hari atau untuk menemani Anda ketika sedang berolahraga. Beberapa infused water yang direkomendasikan untuk diet menurunkan berat badan adalah campuran lemon atau jeruk nipis.

Membuang Racun dalam Tubuh

Mengonsumsi infused water juga bisa bermanfaat sebagai detoks atau pembuang racun dari dalam tubuh Anda. Memang belum ada penelitian khusus mengenai ini, karena tubuh punya ginjal dan hati yang memiliki fungsi untuk membersihkan racun.

Namun, salah satu upaya agar kinerja detoks atau pembersihan racun dalam tubuh tetap berjalan maksimal adalah dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi air, sayur, serta buah. 

Oleh karena itu dengan konsumsi infused water yang merupakan campuran buah serta air dipercaya mampu menunjang kinerja detoks dalam tubuh.

Cegah Dehidrasi

Seperti yang kita tahu, kekurangan cairan bisa memicu tubuh mengalami dehidrasi. Ketika dehidrasi tubuh bisa terancam berbagai masalah. Oleh karena itu Anda disarankan untuk konsumsi air setidaknya 8-12 gelas perhari.

Infused water bisa sebagai pilihan minuman harian Anda, terlebih jika Anda tidak menyukai rasa air putih yang tawar. Infused water juga lebih sehat dibanding jika Anda meminum soda, minuman kemasan, kopi, teh, atau minuman yang tinggi gula lainnya.

Cegah Penuaan Dini

Berbagai kandungan vitamin dan antioksidan yang ada di dalam buah bisa membuat Anda jadi lebih muda. Kandungan antioksidan mampu membentengi tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Konsumsi buah dan sayur yang cukup memang sudah terbukti membantu mengurangi efek penuaan. Oleh karena itu Anda bisa membuat infused water dari buah yang mengandung antioksidan tinggi.

Membantu Melancarkan Pencernaan

Konsumsi air yang cukup bisa membantu sistem pencernaan untuk mencerna makanan secara lebih efisien dan mencegah Anda terserang sembelit. Karena, pada dasarnya air berperan penting agar tubuh bekerja lebih optimal.

Termasuk dalam proses pembuangan zat sisa dari organ di dalam tubuh. Jadi jika Anda sedang mengalami masalah susah BAB, coba konsumsi infused water saja.

Cara Membuat Infused Water untuk Diet

Pada dasarnya cara membuat infused water sama saja, yang membuat berbeda adalah campuran buah di dalamnya. Pertama siapkan buah lalu cuci bersih dan potong-potong kecil agar bisa dimasukkan ke dalam botol minum.

Setelah itu masukkan ke dalam botol minum yang sudah terisi air. Agar cita rasa buah terasa maksimal, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas semalaman. Anda bisa mengonsumsinya di esok hari atau membawanya untuk beraktivitas.

Jangan menambahkan gula ke dalam infused water karena justru akan merusak diet Anda. Sebagai gantinya jika memang Anda suka manis, tambahkan saja sedikit madu murni.

Jika Anda ingin mengonsumsi infused water untuk menurunkan berat badan, maka ada campuran buah-buahan yang bisa Anda coba:

  • Semangka
  • Lemon
  • Jahe dan lemon
  • Jeruk nipis
  • Nanas dan daun mint
  • Mentimun dan daun mint
  • Stroberi, lemon, dan daun mint
  • Delima, jeruk nipis, dan daun mint
  • Blackberry dan jeruk

Beberapa contoh campuran buah-buah di atas dikenal memiliki kandungan yang baik untuk proses menurunkan berat badan. Anda juga bisa mengkreasikan menu sendiri sesuai selera.

Maksimalkan dengan Suplemen

Untuk bisa berhasil menurunkan berat badan, maka infused water saja tidak cukup. Maka imbangi dengan perubahan gaya hidup dan perbanyak olahraga. Untuk memaksimalkan proses pembakaran lemak Anda juga bisa mengonsumsi suplemen khusus.

Salah satu suplemen yang Aman dan bisa Anda konsumsi tanpa resep dokter adalah Slendy. Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak (fat burner) pertama di Indonesia. 

Slendy mengandung L-Carnitine tartrate dan Chromium yang membantu proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat meningkat sehingga dapat menghilangkan lemak secara efektif.