Kulit sekitar mata lebih tipis, halus, dan rapuh dibanding kulit wajah. Jadi, kita harus ekstra hati-hati saat membersihkan mata, karena cara membersihkan make-up mata yang salah atau terlalu kasar malah bisa merusak kulit di sekitar mata.

Karena kulit sekitar mata juga lebih sensitif, membersihkan kosmetik mata tidak cukup dengan mencuci muka saja, karena sisa make-up mungkin masih tertinggal dan menyebabkan iritasi.

 

Langkah-langkah Membersihkan Make-Up Mata Dengan Benar

Saat Anda memakai make-up mata seperti eyeshadow, eyeliner, maskara, dan sebagainya, wajib hukumnya untuk membersihkan make-up mata sebelum tidur dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 

1. Cuci tangan dulu

Anda mungkin berpikir, karena menggunakan pembersih make-up dan sabun, tak perlu cuci tangan dulu sebelum membersihkan make-up mata. Padahal, jika tangan kotor kita menyentuh bagian sekitar mata, ada kemungkinan mata terkontaminasi bakteri dan kuman yang menempel di tangan, sehingga menyebabkan iritasi mata.

Jadi, pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih sebelum mulai membersihkan make-up mata.

 

2. Gunakan make-up remover khusus mata

Ada banyak merek pembersih make-up mata yang dijual di pasaran. Biasanya pembersih jenis ini mengandung minyak yang bisa melunturkan make-up mata yang waterproof, namun formulanya ringan sehingga tidak pedih di mata.

 

3. Jangan digosok!

Saat membersihkan make-up di mata, hindari menggosok-gosok kelopak mata dengan keras. Ini bukan saja bisa memicu iritasi pada kulit di sekitar mata, tapi juga membuat mata kering dan lebih berkerut. Selain itu, menggosok area mata keras-keras juga berisiko mencederai kornea mata, lho!

Cara membersihkan make-up mata yang benar dengan eye make-up remover adalah seperti ini:

  • Gosok cairan pembersih make-up mata agar kandungan air dan minyaknya bercampur.
  • Tuangkan secukupnya ke kapas bersih.
  • Tempelkan kapas tersebut ke area mata dalam keadaan mata tertutup selama 5 detik hingga minyaknya meluruhkan make-up, kemudian sapukan dengan lembut ke seluruh area kelopak dan bawah mata.

 

4. Bersihkan alis

Banyak orang terlalu fokus membersihkan make-up di mata sampai lupa membersihkan alis dengan seksama. Padahal, make-up seperti pensil alis dan eyebrow pomade biasanya waterproof sehingga tidak bisa dibersihkan hanya dengan air dan sabun. 

Untuk itu, gunakan pembersih mata untuk membersihkan alis juga. Tuangkan di kapas, tempelkan beberapa detik di area alis, dan sapukan lembut hingga warnanya hilang dari alis.

 

5. Cuci muka dengan sabun muka

Eye make-up remover efektif menghapus make-up di mata, alis, dan bulu mata. Namun biasanya pembersih ini akan meninggalkan jejak di kulit berupa minyak dan sisa partikel make-up mata yang belum terangkat.

Oleh karena itu, setelah make-up mata dihapus dengan pembersih khusus, akhiri dengan mencuci muka menggunakan sabun khusus muka. 

 

6. Bersihkan mata dengan cairan pembersih mata

Setelah menghapus make-up dengan pembersih dan mencuci muka, masih ada satu langkah lain yang perlu dilakukan yaitu mencuci mata.

Saat memakai make-up di sekitar mata, bola mata akan terekspos partikel dari serbuk eyeshadow atau dari tinta maskara dan eyeliner. Jika tidak dibersihkan, make-up yang masuk ke mata ini bisa menyebabkan iritasi dan gangguan penglihatan.

Jadi, setelah make-up mata dibersihkan, jangan lupa cuci mata dengan cairan pembersih mata seperti Y-Rins. Y-Rins efektif mensterilkan mata dari debu, kuman, dan kotoran, sehingga mata bersih dan segar kembali.

Y-Rins juga tidak mengandung bahan pengawet sehingga amat digunakan setiap hari.

Beli Y-RINS di sini