Saat ini, lensa kontak bukanlah menjadi sekadar kebutuhan untuk mereka yang mempunyai gangguan penglihatan seperti minus namun sudah menjadi bagian dari penunjang penampilan terutama bagi kaum wanita.

Namun mungkin sebagian dari Anda masih baru pertama kali mencoba menggunakan lensa kontak dan masih bingung bagaimana cara menggunakannya dengan baik.

Mulai dari memasang hingga melepaskannya kembali. Tidak perlu khawatir lagi, di artikel ini akan membahas tuntas panduan pakai lensa kontak untuk pertama kali. Simak yuk!

Sebelum Anda menggunakan lensa kontak, ada baiknya Anda perlu berkonsultasi ke dokter mata terlebih dahulu. Hal inilah yang sering diabaikan oleh banyak orang.

Padahal dengan berkonsultasi ke dokter mata, Anda dapat mengetahui lensa kontak yang seperti apa yang sesuai untuk mata Anda. Secara umum, ada dua jenis lensa kontak:

Soft Contact Lenses 

Lensa kontak satu ini sesuai dengan namanya, sangat lembut dan lentur saat digunakan, untuk itulah lensa kontak jenis ini menjadi yang paling banyak digunakan. Selain itu, soft contact lenses juga punya banyak tipe, seperti:

  • Daily contact: Seperti namanya, Anda memakainya dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari bangun tidur hingga melepaskannya ketika hendak tidur. Masa bertahannya juga cukup lama, dokter mata juga sering merekomendasikan lensa kontak jenis ini jika Anda ingin menggunakannya sesekali.
  • Extended contact: Lensa jenis ini bisa Anda gunakan saat tidur, tapi Anda harus membersihkannya seminggu sekali. Jarang sekali dokter mata merekomendasikan lensa kontak jenis ini karena tingkat kemungkinan terkena infeksi yang tinggi.
  • Toric contact: Lensa kontak jenis ini bisa memperbaiki penglihatan bagi orang-orang dengan astigmatisme, toric contact juga bisa digunakan sehari-hari. Namun, lensa kontak satu ini lebih mahal dari jenis lensa kontak lainnya.
  • Decorative contact: Ini mungkin jenis lensa kontak yang sering Anda jumpai. Yap, lensa kontak satu ini menawarkan berbagai macam warna yang bisa mengubah warna mata Anda. Meskipun lensa kontak jenis ini tidak memperbaiki penglihatan, tapi Anda tetap memerlukan resep dokter saat menggunakannya.

Hard Contact Lenses

Lensa kontak jenis ini lebih kaku dan keras, namun dapat memberikan Anda penglihatan yang lebih tajam. Walaupun bentuknya keras dan kaku, tapi lensa jenis ini memungkinkan oksigen masuk ke area kornea mata. Lensa jenis ini juga banyak digunakan para penderita astigmatisme dan keratoconus. 

Setelah Anda mengetahui jenis lensa kontak, dan mencari lensa kontak mana yang sesuai mari kita masuk pada bagaimana cara memasang lensa kontak untuk pertama kali.

Seperti kebanyakan hal, pasti ketika melakukan hal pertama ada perasaan takut, tapi jika Anda melakukannya dengan benar, tidak lagi perlu takut. Berikut ini lima tahap memasang lensa kontak untuk Anda:

  1. Goyangkan wadah lensa kontak dengan perlahan yang berada di wadah berisi cairan bening, hal ini untuk melonggarkan lensa. Yang perlu diperhatikan dalam tahap ini adalah jangan sekali-kali mencoba untuk menarik lensa dengan jari Anda, hal itu dapat merusak lensa kontak. 
  2. Geser lensa kontak dari kotaknya ke telapak tangan. Sebelum memakainya, balur lensa kontak dengan cairan bening yang disediakan.
  3. Gunakan jari dan ibu jari tangan Anda yang lain, tarik secara bersamaan kelopak mata atas dan bawah.
  4. Posisikan lensa kontak pada mata Anda sambil melihat ke atas atau ke depan, cari posisi yang buat Anda nyaman. Anda juga dapat menerapkannya lensa kontak dengan menempatkannya pada bagian putih mata.
  5. Setelah merasa nyaman, tutup mata Anda dengan lembut dan perlahan. Untuk membuat lensa menetap, gulung mata dalam lingkaran lengkap.
  6. Pastikan lensa berada pada posisi yang tepat dengan melihatnya di cermin. Jika sudah terasa pas, pastikan Anda melihat dengan jelas.

Lalu, bagaimana caranya jika Anda ingin melepaskan lensa kontak setelah menggunakannya? Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini,

  1. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih, untuk itu sangat dianjurkan cuci tangan terlebih dahulu.
  2. Pastikan lensa kontak berada di tengah sebelum Anda ingin melepaskannya.
  3. Tarik kelopak bawah dan atas mata dengan jari lalu cubit dengan lembut lensa kontak dengan ibu jari dan telunjuk. Lalu tarik keluar.
  4. Simpan lensa kontak pada tempatnya kembali.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat memakai lensa kontak adalah memastikan lensa kontak disimpan pada tempat yang bersih. Terkadang, ketika kita menggunakan lensa kontak mata kita kerap terasa kering, jika hal itu sudah terjadi biasanya akan timbul rasa gatal dan tidak nyaman.

Ini yang perlu diperhatikan saat menggunakan lensa kontak, menjaga agar mata tetap lembab.

Salah satu cara praktis agar kelembaban mata terjaga adalah menggunakan larutan pembersih dan pencuci mata. Salah satu larutan mata yang bisa Anda gunakan dan sudah terpercaya adalah Yrins.

Yrins mengandung distilled witch hazel dan benzalkonium chloride, obat ini dapat dengan mudah didapatkan di toko obat atau apotik terdekat.