Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal dan proporsional. Namun, setiap orang memiliki batas ideal yang berbeda-beda.

Jenis kelamin, usia, hingga tinggi badan memengaruhi batas ideal dan proporsional badan Anda. 

Untuk mengetahui cara menghitung berat badan yang ideal, salah satunya adalah dengan menggunakan body mass index (BMI).

BMI merupakan cara yang paling mudah dan umum digunakan untuk menghitung berat badan ideal untuk Anda. 

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk diet dan mengurangi berat badan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berat badan yang ideal untuk Anda lewat hitungan yang paling sederhana, yaitu BMI. 

Menghitung Berat Badan Ideal Lewat Kalkulator BMI

BMI atau yang biasa disebut dengan indeks massa tubuh (IMT) adalah satu dari berbagai cara untuk mengetahui berat badan ideal seseorang.

BMI menggunakan perbandingan antara tinggi badan (dalam satuan meter) dan berat badan (dalam satuan kilogram).

Berbeda dengan cara menghitung berat badan lainnya seperti rumus Broca, BMI tidak membedakan rumus hitung antara pria dan wanita.

Siapapun mengetahui berat badan ideal mereka dengan menggunakan rumus BMI di bawah ini:

BMI:

Berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) kuadrat

Jika Anda seseorang dengan tinggi badan 170 cm (1,7 m) serta berat badan 60kg. Apakah dengan tinggi badan dan berat badan ini sudah ideal menurut BMI? Begini cara menghitungnya berdasarkan rumus BMI.

  • Kuadratkan tinggi badan Anda yang diubah menjadi satuan meter –> 1,702= 2,89
  • Bagi berat badan Anda dengan hasil kuadrat dari tinggi badan –> 65 dibagi 2,89= 22,4
  • Angka hasil dari perhitungan ini merupakan BMI Anda, yaitu 22,4

Hasil dari perhitungan BMI dapat dikategorikan menjadi empat kategori, yaitu:

  • Di bawah 18,5 = berat badan kurang
  • 18,5-22,9 = berat badan normal
  • 23-29,9 = berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)
  • 30 ke atas = obesitas

Jadi, menurut perhitungan BMI, orang yang memiliki berat badan 65 kg dan tinggi badan 1,70 meter memiliki BMI 22,4. Ini termasuk ke dalam golongan berat badan normal.

Nah, Anda masuk dalam kategori mana jika menghitung berat badan ideal dengan BMI?

Hal yang Perlu Anda Perhatikan

BMI hanya melihat ideal atau tidaknya badan seseorang dari berat dan tinggi saja, namun masih ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan juga. Salah satunya adalah ukuran pinggang. 

Seseorang yang memiliki BMI normal belum tentu tidak berisiko kelebihan lemak. Lemak yang menjadi penyebab berat badan berlebih banyak tertimbun di dalam perut.

Seseorang dengan lemak berlebih memiliki risiko untuk terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke. 

Maka, setelah Anda mendapatkan BMI ada satu hal yang perlu diperhatikan juga, yaitu ukuran lingkar pinggang. Berapa pun BMI Anda, lingkar pinggang yang ideal adalah:

  • Bagi wanita tidak lebih dari 80 cm
  • Bagi pria tidak lebih dari 94 cm

Kekurangan Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus BMI

Menghitung berat badan ideal dengan rumus BMI terbilang mudah, namun tidak selamanya hasilnya akurat. 

Rumus BMI hanya menghitung perbandingan antara berat badan dengan tinggi badan namun tidak menyertakan beberapa faktor lainnya.

Kepadatan tulang dan massa otot atau massa lemak yang berada di dalam tubuh tidak menjadi parameter yang tidak dapat dihitung melalui rumus BMI. 

Orang yang berotot akan masuk ke dalam golongan berat badan berlebih atau bahkan obesitas karena massa otot yang cukup besar. 

Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan rumus BMI sekadar untuk tahu apakah berat badan Anda sudah termasuk ideal atau belum, tetapi jangan jadikan hasil hitungan ini sebagai satu-satunya cara. 

Solusi Untuk Mencapai Berat Badan Ideal

Jika Anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan. Mulai menerapkan pola hidup sehat, pola makan yang teratur, serta rajin berolahraga adalah beberapa hal yang penting. 

Selain itu, Anda juga dapat mempercepat proses untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan menggunakan suplemen pembakar lemak. Lemak merupakan zat yang harus dibakar untuk menurunkan berat badan. 

Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Sebelum beraktivitas seperti berjalan kaki atau berolahraga, dengan mengonsumsi Slendy, Anda dapat membakar lemak lebih cepat dan efektif.

Slendy merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang ingin mengurangi lemak di dalam tubuh dan memiliki bentuk tubuh yang ideal namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga.