Ambeien atau wasir adalah penyakit yang umum diderita banyak orang. Bahkan menurut sebuah penelitian, satu dari empat orang dewasa pasti pernah mengalami ambeien.

Ambeien sangat umum terjadi pada setiap orang, namun paling sering terjadi pada orang yang berumur 50 tahun ke atas. Sulit buang air besar (BAB) merupakan penyebab utama ambeien atau wasir.

Penyakit yang dikenal dengan istilah medis hemorrhoid in adalah kondisi peradangan atau pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus. Istilah medis ini merujuk pada bagian pembuluh darah pada bagian anus ini. 

Secara umum, ambeien bukan kondisi yang berbahaya dan menular. Biasanya kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya atau dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan maupun bahan alami.

Tetapi bukan berarti ambeien dapat Anda abaikan. Jika kondisinya semakin parah, satu-satunya solusi untuk mengatasinya adalah dengan tindakan medis seperti operasi.

Sebelum penyakit ini mengganggu kenyamanan Anda dan menjadi semakin parah, berikut beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengobatinya.

Menggunakan Bahan Alami

Bahan-bahan alami memiliki banyak khasiat bagi tubuh dan dapat digunakan sebagai obat juga, salah satunya adalah untuk mengobati ambeien. 

Beberapa bahan ini sangat mudah didapatkan serta cukup mudah untuk menggunakannya. Ada bahan yang dijadikan obat oles dan ada juga bahan yang dikonsumsi untuk mengobati ambeien dari dalam.
Berikut beberapa jenis bahan alami yang terbukti ampuh untuk mengobati ambeien.

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel memiliki kandungan astringent yang ampuh untuk menyusutkan pembuluh darah yang bengkak dan meredakan iritasi. 

Namun perlu Anda perhatikan, jenis sari cuka apel yang baik untuk mengobati ambeien adalah sari cuka apel yang alami. Tidak melewati proses penyaringan, tanpa bahan pengawet, dan tidak melewati proses pasteurisasi.

Cara menggunakan sari cuka apel ini ada dua cara. Yang pertama adalah dengan minum campuran sedikit sari cuka apel dengan air. Cara yang kedua adalah dengan membilas dan mengoleskan anus dan bagian ambeien dengan sari cuka apel.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat bagi kesehatan rambut manusia. Tetapi, selain baik untuk merawat kesehatan rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati ambeine.

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi berbagai jenis iritasi. Kandungan arakuinon pada lidah buaya juga dapat mengencangkan dinding saluran pencernaan dan membuat feses menjadi lebih lunak.

Ada dua cara untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai obat alami untuk mengatasi ambeien. Anda dapat mengonsumsi lidah buaya untuk melancarkan pencernaan dan menggunakan gel lidah buaya untuk dioleskan pada area sekitar anus untuk mengurangi peradangan akibat ambeien.

Bawang Putih

Bawang putih sangat ampuh untuk mengatasi ambeien karena kandungan bawah putih yang kaya zat yang baik untuk detoksifikasi, antibakteri, dan antiinflamasi. 

Hal ini membuat bawang putih baik untuk melancarkan sirkulasi darah, memberi perlindungan pada pembuluh darah, serta membantu menghancurkan bakteri yang terdapat di usus.

Bawang putih dapat dimakan mentah-mentah, juga sebagai obat oles pada bagian ambeien langsung. Namun Anda perlu berhati-hati, untuk ambeien yang disertai pendarahan tidak dianjurkan untuk mengolesinya dengan bawang putih.

Kulit Pohon Ek Putih

Kulit pohon ek putih banyak tersedia di toko herbal. Jenis kayu ek yang ampuh untuk mengobati ambeien dikenal dengan nama quercus alba. Tanaman ini memiliki kandungan zat alami yang bisa digunakan untuk mengobati ambeien dari dalam maupun dari luar.

Khasiat dari kayu ek putih adalah kandungannya yang bermanfaat sebagai antiseptik, tonik, dan hemostatikk yang mampu menyembuhkan ambeien ringan hingga ambeien yang berdarah. 

Kandungan kalsium dan tannin yang tinggi dari kulit kayu ek dapat memperkuat jaringan kapiler usus dan jaringan lunak rektum yang terdapat pada lubang anus.

Ekstrak kulit kayu ek putih juga baik untuk membersihkan mukosa yang bengkak dan sakit, sehingga efektif untuk menghilangkan setiap gatal dan iritasi yang disebabkan oleh ambeien.

Cara memanfaatkan kayu ek putih ini adalah dengan merebus atau mengukusnya. Cairan dari rebusan ini dapat dijadikan obat oles pada daerah ambeien atau diminum sebagai teh herbal.

Kulit Manggis

Kulit manggis dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi ambeien. Kulit manggis mengandung banyak xanthone yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang ampuh.

Senyawa turunan dari xanthone yaitu, alfa-mangistin dan gamma-mangostin terbukti ampuh untuk mengatasi peradangan, salah satunya adalah peradangan yang disebabkan oleh ambeien.

Untuk mengatasi ambeien, keringkan kulit manggis kemudian rebus. Minum air rebusan kulit manggis yang sudah dikeringkan setiap hari. 

Selain dapat mengatasi ambeien, kulit manggis juga memiliki manfaat seperti anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri,anti-jamur, dan anti-plasmodial.

Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki banyak senyawa yang berguna sebagai anti-bakteri. Senyawa ini juga dapat mengobati ambeien secara alami. Untuk menggunakan daun sirsak, berikut caranya:

  • Rebus lima lembar daun sirsak bersama dua gelas air
  • Rebus hingga air hanya tersisa satu gelas
  • Minum air rebusan ini setiap pagi dan malam hari.

Akar Kangkung

Kangkung sangat mudah ditemukan dan sering dijadikan bahan makanan. Kangkung mengandung zat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi. Untuk mengobati ambeien, bagian dari kangkung yang dibutuhkan adalah akarnya. 

Berikut cara menggunakan akar kangkung sebagai obat:

  • Cuci akar kangkung hingga bersih
  • Rebus bersama 2 gelas air dan tunggu hingga air tersisa satu gelas
  • Minum air rebusan akar kangkung setiap hari

Teh Hitam

Teh sudah dipercaya dari dahulu memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu jenis teh yang dapat Anda gunakan untuk mengobati ambeien adalah teh hitam. 

Teh hitam mengandung asam tanin yang mampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat ambeien. 

Selain baik untuk dikonsumsi, Anda juga dapat menggunakan kantong teh hitam untuk mengompres bagian ambeien. Kompres selama kurang lebih 10 menit pada bagian ambeien sebanyak dua atau tiga kali sehari.

Cocor Bebek

Dibalik tampilannya yang indah untuk dijadikan tanaman hias, daun cocor bebek juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Daun cocor bebek mengandung zat seperti glikosida, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium, oksalat, asam formiat, dan tanin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Cocor bebek juga dapat dimanfaatkan sebagai obat anti peradangan akibat ambeien yang mujarab. Cara menggunakan cocor bebek sebagai obat ambeien adalah:

  • Jemur daun cocor bebek di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering
  • Tumbuk halus daun kering hingga menyerupai serbuk teh
  • Seduh serbuk daun cocor bebek kering kemudian minum setiap hari

Akar Batu

Collinsonia canadensis atau yang dikenal dengan nama akar batu dapat bermanfaat untuk mengurangi ambeien dan tekanan di pembuluh darah pada anus. 

Racikan minuman akar batu juga efektif untuk mengurangi peradangan wasir hingga dapat mencegah varises.

Akar batu juga dikenal dengan sifat zat diuretik, antioksidan, antispasmodic, astringent, tonik dan sifat sedatif. Zat tersebut terbukti dapat memperkuat lapisan usus serta pembuluh darah. 

Untuk menggunakan akar batu sebagai obat ambeien, Anda dapat menggunakan air rebusan akar batu sebagai obat oles pada ambeien.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang sudah terbukti ampuh untuk melancarkan pencernaan. 

Dalam pepaya terdapat terdapat enzim yang bernama papain. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein sehingga dapat melumatkan makanan dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi.

Selain kaya akan serat, pepaya juga mengandung banyak vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk sehingga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, kaya akan vitamin E untuk menjaga kehalusan kulit, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan tumor.

Selain mengonsumsi buah pepaya, Anda juga dapat mengonsumsi obat alami yang dibuat dari ekstrak pepaya seperti Clofen.

Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar.

Selain itu, Clofen juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien.

Cara Alami Mengatasi Ambeien

Selain menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat ambeien, ada beberapa cara atau teknik yang dapat Anda lakukan untuk mengobati ambeien.

Memadukan bahan-bahan alami serta melakukan beberapa cara ini akan lebih efektif untuk menghilangkan ambeien yang mengganggu. 

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan setiap harinya untuk mengatasi ambeien.

Menjaga Pola Makan

Pola makan yang tidak baik sering menjadi penyebab utama ambeien. Terlalu sering makan makanan cepat saji atau kurang mengonsumsi makanan yang berserat dapat meningkatkan potensi ambeien dan beberapa penyakit lainnya. 

Untuk terhindar dari ambeien dan berbagai penyakit, sebaiknya jaga baik-baik pola makan dan hindari makanan yang banyak mengandung minyak, pemanis buatan, dan bahan pengawet.

Banyak Minum Air

Sebanyak 60% tubuh manusia merupakan cairan, maka wajar jika kita membutuhkan banyak air minum. 

Orang dewasa membutuhkan minimal air minum sebanyak 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air minum. Air minum baik untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh yang sering terganggu akibat ambeien.

Jaga Kebersihan Anus

Kebersihan anus harus Anda jaga. Baik ketika mengalami ambeien atau tidak. Anus yang kotor ketika Anda mengalami ambeien dapat menimbulkan infeksi atau iritasi pada bagian anus. Ambeien yang disertai infeksi akan semakin sulit untuk diobati. 

Selain menjaga kebersihan, Anda juga sebaiknya menjaga agar bagian anus tidak basah atau lembab. Permukaan yang kulit yang basah dan lembab dapat mendatangkan banyak bakteri.

Berendam Air Hangat

Berendam menggunakan air hangat bukan cara untuk mengobati ambeien, namun cara ini efektif untuk relaksasi dan mengurangi rasa sakit akibat ambeien. Anda dapat berendam air hangat ketika merasakan sakit setelah BAB selama 10 atau 15 menit.

Bersihkan dan keringkan bagian anus setelah berendam agar tidak lembab dan tidak menimbulkan infeksi atau iritasi.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Kurang mengonsumsi makanan yang berserat dapat menyebabkan sembelit atau kesulitan buang air besar (BAB). Seperti yang Anda ketahui, sembelit merupakan salah satu penyebab utama penyakit ambeien.

Konsumsi banyak makanan yang mengandung banyak serat seperti sayur dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan tubuh. Manfaat sayur dan buah-buahan akan lebih terasa oleh tubuh jika tidak melewati proses seperti dibuat jus terlebih dahulu.

Es Batu

Es batu merupakan bahan yang sangat mudah ditemui dan digunakan untuk mengatasi ambeien. Anda hanya perlu mengompres bagian yang terkena ambeien secara rutin menggunakan es batu.

Es batu sangat bermanfaat untuk menyusutkan pemburuh darah dan mengurangi rasa sakit. Kompres ambeien dengan es batu selama 10 menit sehari hingga ambeien hilang.