Pada era modern dan serba digital seperti sekarang ini manusia semakin dimudahkan oleh teknologi dalam berbagai hal. Termasuk bagi Anda yang sedang menjalani diet dan pola hidup sehat.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan dan harus memantau kandungan dari makanan yang akan dikonsumsi, kini Anda bisa melakukannya langsung dalam genggaman.

Di tengah kesibukan aktifitas sehari-hari Anda bisa dengan mudah memanfaatkan aplikasi khusus untuk menghitung kalori makanan. Aplikasi ini bahkan disediakan gratis dan bisa Anda unduh dengan mudah baik di Android maupun iOS.

Rekomendasi Aplikasi Penghitung Kalori Gratis

Saat ini sudah banyak aplikasi penghitung kalori yang bisa Anda unduh secara gratis dan gunakan untuk membantu proses diet. Dengan begitu, Anda bisa menjalani diet terkontrol tanpa harus kerepotan mencari tahu kalori makanan satu persatu.

Berikut 5 rekomendasi aplikasi penghitung kalori yang bisa Anda coba:

FatSecret

Rekomendasi aplikasi penghitung kalori yang pertama adalah FatSecret. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di platform Android maupun iOS. Pada aplikasi ini Anda bisa memantau berat badan, progres rutin baik bulanan maupun mingguan, asupan kalori masuk, kalori keluar, dan sebagainya dalam sebuah jurnal.

Aplikasi ini juga bisa melihat kalori dari setiap makanan kemasan. Caranya Anda cukup lakukan scan barcode dari makanan kemasan menggunakan fitur scanner. Dengan begitu informasi kalori dll akan segera ditampilkan.

Anda juga dapat membuat resep makanan di dalam aplikasi dan menghitung kalori yang dihasilkan dari resep tersebut. Jika Anda menggunakan gawai gelang pemantau kesehatan seperti Samsung Gear, FitBit, maupun Google Fit, Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan aplikasi ini.

Calorie Counter – MyNetDiary

Aplikasi yang satu ini pernah menjadi peringkat 1 untuk kategori aplikasi diet menurut American Journal of Preventive Medicine. Ada begitu banyak fitur dalam aplikasi ini mulai dari diet tracker, database nutrisi makanan yang masif, pemindai barcode, reminder, tracker diabetes, pemindai langkah kaki otomatis, dll.

Ada lebih dari 600 ribu data nutrisi makanan yang tersimpan dalam database aplikasi ini. Dengan begitu Anda bisa mencari berbagai alternatif makanan sehat yang disesuaikan dengan kebutuhan diet Anda. Seperti FatSecret, aplikasi ini juga bisa mengetahui kalori dari makanan kemasan melalui fitur scanner barcode.

Aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 9 juta pengguna dan mengklaim jika rata-rata penggunanya sudah mengalami penurunan berat badan 0,6 kg per minggunya. Bahkan beberapa anggotanya turun 12% dari berat badan asalnya setelah 7 bulan menjalani diet bersama aplikasi ini.

Lose It!

Aplikasi penghitung kalori ini sudah dipakai lebih dari 40 juta orang dan pernah di review oleh banyak media. Sebelum memulai diet Anda harus memasukkan data seperti usia, berat badan, tinggi badan, dan sebagainya agar aplikasi bisa merekomendasikan diet yang tepat.

Aplikasi ini juga bisa mengetahui kalori dalam makanan yang Anda konsumsi. Caranya cukup foto makanan dengan fitur Snap It, maka informasi kalori akan keluar. Namun, aplikasi ini belum bisa memberikan informasi terkait mineral dan vitamin yang ada dalam makanan.

Lose It juga memiliki database nutrisi makanan yang besar dan mengklaim sebagai yang terbesar dengan lebih dari 27 juta data yang bisa Anda temukan dalam library mereka. Dalam aplikasi ini Anda juga bisa mengikuti beberapa Challenges menarik untuk menurunkan berat badan.

MyFitnessPal

Rekomendasi aplikasi penghitung kalori berikutnya adalah MyFitnessPal yang memiliki rating 4,6 di Google Play. Aplikasi ini terhubung dengan website resmi mereka, dimana Anda bisa mendapatkan kandungan kalori dalam makanan secara lengkap. Mereka memiliki lebih dari 5 juta data makanan beserta nutrisi di dalamnya.

Selain pemantau kalori dalam makanan Anda juga bisa mendapatkan panduan aktivitas fisik atau olahraga. Ada lebih dari 350 panduan latihan yang bisa Anda ikuti sesuai dengan goal anda dalam berdiet. 

Jadi Anda tidak perlu merekrut personal trainer sendiri untuk melakukan fitness. Sama seperti beberapa aplikasi penghitung kalori sebelumnya, MyFitnessPal juga bisa Anda pakai untuk mengetahui kalori dari makanan kemasan dengan melakukan scan barcode.

MyPlate Calorie Tracker

Rekomendasi aplikasi penghitung kalori yang terakhir adalah MyPlate Calorie Tracker. Selain mampu memberikan informasi kalori dari makanan yang Anda konsumsi, MyPlate Calorie Tracker juga bisa memberikan rekomendasi diet terbaik sesuai dengan informasi pribadi yang dimasukkan saat mendaftar.

Dalam aplikasi ini Anda juga bisa saling berbagi dengan forum sesama anggota. Anda juga bisa melakukan perhitungan berapa kalori yang harus dimakan maupun dibakar.

Ada pula fitur panduan fitness untuk Anda yang ingin melakukan workout. Setelah melakukan workout aplikasi ini juga mampu memberikan data berapa banyak cairan yang dibutuhkan tubuh.

Bagi Anda yang memang sibuk dan ingin tetap memiliki berat badan ideal tanpa diet yang ribet ada satu tips lain yang bisa dicoba. Anda bisa mengonsumsi tablet fat burner sambil beraktifitas. Salah satu tablet fat burner yang aman dikonsumsi tanpa resep dokter adalah Slendy.

Slendy merupakan tablet hisap pembakar lemak (fat burner) pertama di Indonesia. Sebagai fat burner, Slendy membantu untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Tablet hisap Slendy fat burner rasa anggur diformulasikan khusus dengan formula fat burning. Mengandung L-Carnitine tartrate dan Chromium yang membantu proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat meningkat sehingga dapat menghilangkan lemak secara efektif.

Tablet hisap Slendy fat burner rasa jeruk efektif memaksimalkan pembakaran kalori di dalam tubuh karena mengandung L-Carnitine tartrate dan Chromium.